Masjid Al Aqsa Kembali Dibuka

Rabu, 20 Mei 2020 | 09:27:12 WIB

BUNGOINDEPENDENT.ID, JAKARTA – Organisasi Wakaf Yordania yang mengelola tempat-tempat suci umat Islam di Yerusalem menyatakan, bahwa Masjid Al Aqsa, tempat suci ketiga bagi umat Islam setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Arab Saudi, akan dibuka kembali seteah libur Idul Fitri pada akhir bulan ini.
Sebelumnya, kompleks ibadah tempat naiknya Nabi Muhammad SAW ke langit ketujuh dalam peristiwa Isra Mikraj itu ditutup selama 2 bulan, terkait wabah virus corona yang juga menyerang wilayah Palestina dan Israel.

Dengan dibukanya Masjid Al Aqsa, sehingga memungkinkan bagi umat Islam di sekitar maupun peziarah dari negara lain untuk masuk.

“Dewan memutuskan untuk mencabut penutupan bagi jemaah yang ingin masuk ke Masjid Al Aqsa yang diberkahi ini setelah libur Idul Fitri,” bunyi pernyataan organisasi Wakaf, dikutip dari AFP, Selasa (19/5).

Liburan Idul Fitri di Palestina dimulai pekan ini sampai pekan depan. Soal waktu pasti pembukaan Masjid Al Aqsa akan diumumkan kemudian.

Direktur Masjid Al Aqsa Omar Al Kiswani berharap, tidak ada pembatasan jumlah jemaah, namun badan pengurus tetap menyiapkan mekanisme dan langkah-langkah pencegahan.

“Untuk memastikan kami tidak akan dikecam dengan alasan telah melanggar pedoman kesehatan,” ujarnya.

Dikenal juga dengan Haram Al Sharif, kompleks masjid tersebut berada di bawah pengawasan Yordania, negara tetangga yang sempat menguasai Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, sampai direbut oleh Israel dalam Perang Enam Hari pada 1967.

Kasus Covid-19 di Palestina dan Israel menurun dalam beberapa hari terakhir sehingga otoritas pemerintahan masing-masing negara mulai memperlonggar pembatasan.

Masjid Al Aqsa merupakan tempat populer yang dikunjungi umat Islam dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Beberapa perusahaan travel umrah menyertakan paket kunjungan ke Masjid Al Aqsa. Namun perjalanan ke sana terhenti seiring penangguhan aktivitas umrah di Arab Saudi. (der/fin)






BERITA BERIKUTNYA

loading...